RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan
Pendidikan : Sekolah
Dasar
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas
/ Semester : VI / II (Genap)
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
A. Standar Kompetensi
7. Menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan data.
B. Kompetensi Dasar
7.1 Menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram gambar, batang
dan lingkaran.
C. Indikator
1. Kognitif
Produk:
a. Mengumpulkan data dengan
mencacah, mengukur dan mencatat data dengan tally.
b. Menyajikan data tunggal
dan kelompok dalam bentuk tabel dan diagram: piktogram, diagram batang, diagram
lingkaran dan diagram garis.
c. Mengaplikasikan konsep
pengolahan data dalam permasalahan kehidupan sehari-hari dengan sistematis dan
benar.
Proses:
a. Menyelesaikan pertanyaan
dalam LKS secara berkelompok, dalam mengumpulkan data.
b. Menyajikan data dalam
bentuk tabel dan diagram.
2. Afektif
Perilaku karakter siswa
a. Mengembangkan sikap teliti/tekun
saat melakukan diskusi kelompok tentang pengumpulan data.
b. Mengembangkan sikap rasa ingin tahu
saat melakukan diskusi kelompok.
c. Mengembangkan kerja
keras/pantang menyerah saat menyajikan data tunggal maupun data
kelompok dalam bentuk tabel dan diagram.
3. Psikomotor
Menngumpulkan data.
D. Tujuan Pembelajaran
1. Kognitif
Produk:
a. Diberikan permasalahan
yang berkaitan dengan pengolahan data, siswa dapat mengumpulkan data
menggunakan kreatifitasnya sendiri dengan tepat.
b. Diberikan permasalahan
yang berkaitan dengan pengumpulan data, siswa dapat menyajikan data tunggal dan
kelompok dalam bentuk tabel dan diagram menggunakan kreatifitasnya sendiri
dengan tepat.
c. Diberikan soal cerita yang
berkaitan dengan pengumpulan dan penyajian data, siswa dapat mengaplikasikan
konsep pengolahan data dalam permasalahan kehidupan sehari-hari dengan
sistematis dan benar.
Proses:
a. Diberikan pertanyaan dalam
bentuk LKS, secara berkelompok siswa menyelesaikan pertanyaan yang diberikan
dalam LKS dengan berpedoman pada buku siswa dalam melakukan pengumpulan data dengan
tepat.
b. Diberikan pertanyaan dalam
bentuk LKS, secara berkelompok siswa menyelesaikan pertanyaan yang diberikan
dalam LKS dengan berpedoman pada buku siswa dalam menyajikan data baik data
tunggal maupun data dan kelompok dalam tabel dan diagram dengan tepat.
2. Afektif
Perilaku karakter siswa
a. Dengan memahami teknik
pengumpulan data, siswa memiliki sikap teliti/cermat
saat melakukan diskusi kelompok tentang mencacah, mengukur dan mencatat data
dengan tally/turus dalam melakukan pengumpulan data.
b. Dalam kegiatan
pembelajaran, siswa dikembangkan sikap rasa
ingin tahu, kriris, berfikir terbuka produktif saat melakukan diskusi
kelompok.
c. Melalui pemahaman tentang piktogram,
diagram batang, diagram lingkaran dan diagram garis, siswa dapat menyajikan
data tunggal dan kelompok dengan kreatifitasnya
sendiri.
3. Psikomotor
Diberikan LKS, siswa melakukan
pengumpulan data yang ada di lingkungan sekolah dengan mencacah/mengukur/mencatat
data dengan tepat.
E. Model dan Metode Pembelajaran
Model
Pembelajaran : Kooperatif tipe Problem Solving
Metode
Pembelajaran : Diskusi Kelompok
F. Materi Prasyarat
Penyajian
Data.
G. Alat/Bahan
o Peralatan
tulis menulis dan mistar/penggaris.
H. Materi Pembelajaran
Penyajian dan Pengolahan Data
1. Menyajikan Data.
2. Mengolah Data.
3. Menafsirkan Hasil
Pengolahan Data.
I. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (+ 10 menit)
No.
|
Kegiatan
|
Keterlak-sanaan
|
Rencana Perbaikan
|
|
Guru
|
Siswa
|
|||
1.
2.
3.
4.
5.
|
Guru menyampaikan salam dan
berdoa bersama-sama sebelum KBM dimulai (untuk
jam pertama).
Guru mengecek kehadiran
siswa.
Apersepsi:
o Guru membimbing siswa untuk mengingat kembali
tentang membaca data dalam bentuk diagram.
o Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus
dicapai oleh siswa.
Orientasi:
Menjelaskan kegiatan
belajar mengajar yang akan dilaksanakan.
Motivasi:
Guru menjelaskan pentingnya
memahami penyajian data dalam kehidupan sehari.
|
Siswa menjawab salam dan dilanjutkan
dengan berdoa yang dipimpin oleh ketua kelas atau yang mewakili.
Siswa menjawab panggilan
guru.
Siswa menyebutkan macam-macam
diagram.
Siswa memperhatikan
penjelasan guru.
Siswa memperhatikan
penjelasan guru.
Siswa memperhatikan penjelasan
guru.
|
|
|
Kegiatan Inti (+ 55 menit)
No.
|
Kegiatan
|
Keterlak-sanaan
|
Rencana Perbaikan
|
|
Guru
|
Siswa
|
|||
1.
2.
3.
4.
5.
|
Fase 1:
Mengorientasikan siswa pada masalah
o Guru membagikan LKS untuk bahan diskusi
kelompok.
o Guru mengajukan pertanyaan berkaitan dengan
pemahaman konsep mengumpulkan dan menyajikan data.
Fase 2:
Mengorganisir siswa untuk belajar
o Guru meminta siswa untuk membentuk kelompok
o Guru menjelaskan aturan main kerja kelompok
Fase 3:
Membimbing siswa memecahkan masalah
o Guru melakukan pengamatan dan pembimbingan kelompok
yang mengalami kesulitan.
o Guru menggunakan media pembelajaran dalam menanamkan
konsep mengumpulkan dan menyajikan data.
Fase 4:
Mengembangkan dan menyajikan hasil pemecahan masalah
o Guru memfasilitasi siswa untuk menyampaikan hasil
diskusinya.
o Guru memfasilitasi terciptanya diskusi antar
kelompok.
Fase 5:
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan
masalah
o Guru membimbing siswa mengkaji ulang hasil pemecahan
masalah fase sebelumnya.
|
Siswa menerima LKS untuk
bahan diskusinya, dan menanyakan jika ada hal-hal yang kurang jelas.
Siswa membentuk kelompok
belajar dan memperhatikan penjelasan guru tentang tugas kelompok.
Siswa melakukan diskusi
kelompok untuk menyelesaikan tugasnya.
Salah
satu dari wakil kelompok menyampaikan hasil diskusinya, kemudian ditanggapi
oleh kelompok yang lain.
Siswa mengkaji ulang atas
hasil yang diperoleh dalam diskusi kelompoknya.
|
|
|
Penutup (+ 15 menit)
No.
|
Kegiatan
|
Keterlak-sanaan
|
Rencana Perbaikan
|
|
Guru
|
Siswa
|
|||
1.
2.
3.
4.
|
Guru bersama siswa
menyimpulkan materi pembelajaran yang baru dilaksanakan.
Guru member tes tulis
secara individu.
Guru meminta ketua kelas
atau yang mewakili untuk memimpin doa.
Guru mengucapkan salam.
|
Siswa membuat suatu
kesimpulan dari hasil pembelajaran.
Siswa mengerjakan tes tulis
secara individu.
Siswa berdoa yang dipimpin
oleh ketua kelas atau yang mewakili.
Siswa menjawab salam.
|
|
|
J. Sumber Belajar dan Media Pembelajaran
1. Kurikulum Sekolah (KTSP
berkarakter).
2. SI dan SKL Matematika SMP
(KTSP, Departemen Pendidikan Nasional).
3. BSE: Susmanto, dkk. 2008.
Gemar Matematika 6, untuk Kelas VI SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen
Pendidikan Nasional.
4. CD Interaktif: Ed.nik. CD Pembelajaran
Matematika untuk SD/sederajat. Jakarta: PT. Edukasi Elektronik Utama.
5. Lembar Kerja Siswa.
6. Lingkungan sekolah.
K. Panilaian Hasil Belajar
Teknik : Tes dan Non Tes.
Bentuk Instrumen : Tes Tertulis dan
Observasi.
Instrumen : Soal Tes, Lembar Kerja Siswa, Lembar
Pengamatan.
Mengetahui : Situbondo, ………..………
Kepala
Sekolah, Guru
Kelas,
________________________ _______________________
Nip. 19700307
199512 2 001 Nip. 19700120 199903
1 006
Bagus tulisannya...izin nyuplik ya?
BalasHapus