Senin, 24 Juni 2013

rpp



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

                                                  Satuan Pendidikan     : Sekolah Dasar
                                                  Mata Pelajaran            : Matematika
                                                  Kelas / Semester         : VI / II (Genap)
                                                  Alokasi Waktu            :  2 x 35 menit

A.   Standar Kompetensi     
       7. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data.

B.   Kompetensi Dasar
       7.1 Menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram gambar, batang dan lingkaran.

C.   Indikator            
1.    Kognitif
       Produk:
a.    Mengumpulkan data dengan mencacah, mengukur dan mencatat data dengan tally.
b.    Menyajikan data tunggal dan kelompok dalam bentuk tabel dan diagram: piktogram, diagram batang, diagram lingkaran dan diagram garis.
c.    Mengaplikasikan konsep pengolahan data dalam permasalahan kehidupan sehari-hari dengan sistematis dan benar.
       Proses:
a.    Menyelesaikan pertanyaan dalam LKS secara berkelompok, dalam mengumpulkan data.
b.    Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram.
2.    Afektif
       Perilaku karakter siswa
a.    Mengembangkan sikap teliti/tekun saat melakukan diskusi kelompok tentang pengumpulan data.
b.    Mengembangkan sikap rasa ingin tahu saat melakukan diskusi kelompok.
c.    Mengembangkan kerja keras/pantang menyerah saat menyajikan data tunggal maupun data kelompok dalam bentuk tabel dan diagram.
3.    Psikomotor
       Menngumpulkan data.

D.   Tujuan Pembelajaran
1.    Kognitif
       Produk:
a.    Diberikan permasalahan yang berkaitan dengan pengolahan data, siswa dapat mengumpulkan data menggunakan kreatifitasnya sendiri dengan tepat.
b.    Diberikan permasalahan yang berkaitan dengan pengumpulan data, siswa dapat menyajikan data tunggal dan kelompok dalam bentuk tabel dan diagram menggunakan kreatifitasnya sendiri dengan tepat.
c.    Diberikan soal cerita yang berkaitan dengan pengumpulan dan penyajian data, siswa dapat mengaplikasikan konsep pengolahan data dalam permasalahan kehidupan sehari-hari dengan sistematis dan benar.
       Proses:
a.    Diberikan pertanyaan dalam bentuk LKS, secara berkelompok siswa menyelesaikan pertanyaan yang diberikan dalam LKS dengan berpedoman pada buku siswa dalam melakukan pengumpulan data dengan tepat.
b.    Diberikan pertanyaan dalam bentuk LKS, secara berkelompok siswa menyelesaikan pertanyaan yang diberikan dalam LKS dengan berpedoman pada buku siswa dalam menyajikan data baik data tunggal maupun data dan kelompok dalam tabel dan diagram dengan tepat.

2.    Afektif
       Perilaku karakter siswa
a.    Dengan memahami teknik pengumpulan data, siswa memiliki sikap teliti/cermat saat melakukan diskusi kelompok tentang mencacah, mengukur dan mencatat data dengan tally/turus dalam melakukan pengumpulan data.
b.    Dalam kegiatan pembelajaran, siswa dikembangkan sikap rasa ingin tahu, kriris, berfikir terbuka produktif saat melakukan diskusi kelompok.
c.    Melalui pemahaman tentang piktogram, diagram batang, diagram lingkaran dan diagram garis, siswa dapat menyajikan data tunggal dan kelompok dengan kreatifitasnya sendiri.
3.    Psikomotor
       Diberikan LKS, siswa melakukan pengumpulan data yang ada di lingkungan sekolah dengan mencacah/mengukur/mencatat data dengan tepat.

E.   Model dan Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran        :            Kooperatif  tipe Problem Solving
Metode Pembelajaran      :            Diskusi Kelompok

F.    Materi Prasyarat
Penyajian Data.

G.   Alat/Bahan
o  Peralatan tulis menulis dan mistar/penggaris.

H.   Materi Pembelajaran
Penyajian dan Pengolahan Data
1.    Menyajikan Data.
2.    Mengolah Data.
3.    Menafsirkan Hasil Pengolahan Data.

I.     Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (+ 10 menit)
No.
Kegiatan
Keterlak-sanaan
Rencana Perbaikan
Guru
Siswa
1.



2.

3.







4.



5.
Guru menyampaikan salam dan berdoa bersama-sama sebelum KBM dimulai (untuk jam pertama).
Guru mengecek kehadiran siswa.
Apersepsi:
o Guru membimbing siswa untuk mengingat kembali tentang membaca data dalam bentuk diagram.
o Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa.
Orientasi:
Menjelaskan kegiatan belajar mengajar yang akan dilaksanakan.
Motivasi:
Guru menjelaskan pentingnya memahami penyajian data dalam kehidupan sehari.
Siswa menjawab salam dan dilanjutkan dengan berdoa yang dipimpin oleh ketua kelas atau yang mewakili.
Siswa menjawab panggilan guru.

Siswa menyebutkan macam-macam diagram.


Siswa memperhatikan penjelasan guru.


Siswa memperhatikan penjelasan guru.


Siswa memperhatikan penjelasan guru.





Kegiatan Inti (+ 55 menit)
No.
Kegiatan
Keterlak-sanaan
Rencana Perbaikan
Guru
Siswa
1.










2.







3.












4.









5.
Fase 1:
Mengorientasikan siswa pada masalah
o Guru membagikan LKS untuk bahan diskusi kelompok. 
o Guru mengajukan pertanyaan berkaitan dengan pemahaman konsep mengumpulkan dan menyajikan data.
Fase 2:
Mengorganisir siswa untuk belajar
o Guru meminta siswa untuk membentuk kelompok
o Guru menjelaskan aturan main kerja kelompok
Fase 3:
Membimbing siswa memecahkan masalah
o Guru melakukan pengamatan dan pembimbingan kelompok yang mengalami kesulitan.
o Guru menggunakan media pembelajaran dalam menanamkan konsep mengumpulkan dan menyajikan data.
Fase 4:
Mengembangkan dan menyajikan hasil pemecahan masalah
o Guru memfasilitasi siswa untuk menyampaikan hasil diskusinya.
o Guru memfasilitasi terciptanya diskusi antar kelompok.
Fase 5:
Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah
o Guru membimbing siswa mengkaji ulang hasil pemecahan masalah fase sebelumnya.



Siswa menerima LKS untuk bahan diskusinya, dan menanyakan jika ada hal-hal yang kurang jelas.







Siswa membentuk kelompok belajar dan memperhatikan penjelasan guru tentang tugas kelompok.




Siswa melakukan diskusi kelompok untuk menyelesaikan tugasnya.











Salah satu dari wakil kelompok menyampaikan hasil diskusinya, kemudian ditanggapi oleh kelompok yang lain.





Siswa mengkaji ulang atas hasil yang diperoleh dalam diskusi kelompoknya.











Penutup (+ 15 menit)
No.
Kegiatan
Keterlak-sanaan
Rencana Perbaikan
Guru
Siswa
1.



2.

3.


4.
Guru bersama siswa menyimpulkan materi pembelajaran yang baru dilaksanakan.
Guru member tes tulis secara individu.
Guru meminta ketua kelas atau yang mewakili untuk memimpin doa.
Guru mengucapkan salam.
Siswa membuat suatu kesimpulan dari hasil pembelajaran.

Siswa mengerjakan tes tulis secara individu.
Siswa berdoa yang dipimpin oleh ketua kelas atau yang mewakili.
Siswa menjawab salam.



J.    Sumber Belajar dan Media Pembelajaran
1.    Kurikulum Sekolah (KTSP berkarakter).
2.    SI dan SKL Matematika SMP (KTSP, Departemen Pendidikan Nasional).
3.    BSE: Susmanto, dkk. 2008. Gemar Matematika 6, untuk Kelas VI SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
4.    CD Interaktif: Ed.nik. CD Pembelajaran Matematika untuk SD/sederajat. Jakarta:             PT. Edukasi Elektronik Utama.
5.    Lembar Kerja Siswa.
6.    Lingkungan sekolah.

K.   Panilaian Hasil Belajar
Teknik                      : Tes dan Non Tes.
Bentuk Instrumen    : Tes Tertulis dan Observasi.
Instrumen                 : Soal Tes, Lembar Kerja Siswa, Lembar Pengamatan.


                                                                                                           
                Mengetahui :                                                                                Situbondo, ………..………
             Kepala Sekolah,                                                                                         Guru Kelas,




  ________________________                                                                _______________________
   Nip. 19700307 199512 2 001                                                                Nip. 19700120 199903 1 006

1 komentar: