Senin, 24 Juni 2013

makalah sbk





MAKALAH
Seni Rupa
Observasi di SDN Walidono 1


Dosen Pembimbing :
Jefry Gunawan

oleh :
Eka Faridatul Kiftya
Devi Lia Lismawati
Muallimatul Qodariyah
Mei Wahyuni
Hendri Widianto
Semester IV (D)


FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UNIVERSITAS ABDURACHMAN SALEH
SITUBONDO
2013








KATA PENGANTAR

Puji syukur,  Alhamdulillah, dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada kelompok kami sehingga dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul Observasi di SDN Walidono 1
Penulis menyadari bahwa didalam pembuatan makalah ini berkat bantuan dan tuntunan Tuhan Yang Maha Esa dan tidak lepas dari bantuan berbagai pihak, untuk itu dalam kesempatan ini penulis menghaturkan rasa hormat dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang membantu dalam pembuatan makalah ini. Sehingga dapat selesai dengan baik dan oleh karenanya, tim penulis dengan rendah hati dan dengan tangan terbuka menerima masukan,saran dan usul guna penyempurnaan makalah ini.




Situbondo,   Juni 2013























DAFTAR ISI

Kata Pengantar..........................................................................................................................          i
Daftar isi......................................................................................................................................         ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1       Latar Belakang ............................................................................................
1.2       Rumusan Masalah ....................................................................................
1.3       Tujuan ........................................................................................................
1.4       Manfaat ......................................................................................................
1.5       Metode penelitian ......................................................................................
1.6       Waktu dan Tempat ....................................................................................
BAB II PEMBAHASAN
2.1       Hasil Observasi ...........................................................................................
BAB III  ALAT DAN BAHAN
3.1       Alat dan Bahan ..........................................................................................
BAB IV PENUTUP
4.1       Kesimpulan ..............................................................................................
               



















BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
Pernahkah kita menyadari kalau disekitar kita banyak sekali benda yang berkaitan dengan seni? Banyak sekali contoh yang bisa kita lihat seperrti gambar – gambar pada majalah, koran, ada pula seni yang berupa desain yang merupakan hasil gagasan manusia yang dicipta dalam rangka memenuhi kebutuhannya. Seni yang pada kegiatan penciptaannya memerlukan koordinasi antara mata, tangan dan pemikiran ini disebut seni. Seni ada 2 macam yaitu, seni 2D dan 3D. 2 dimensi adalah gambar atau tulisan, sedangkan 3 dimensi ( trimatra ) adalah wujud karyanya memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi atau memiliki volume sehingga dapat dinikmati dari berbagai sisi.

B.  Rumusan Masalah
Pada observasi kali ini, peneliti menfokuskan pada kreatifitas siswa kelas V dalam pembelajaran SBK di SDN Walidono 1 Kecamatan Prajekan Kabupaten Bondowoso.
1.      Dimana letak SDN Walidono 1?
2.      Mengapa memilih SDN Walidono 1?
3.      Bagaimana kondisi SDN Walidono 1?
4.      Siapa yang menjadi objek observasi?
5.      Kerajinan apa yang dilakukan di SDN Walidono 1?
6.      Kapan melaksanakan observasi di SDN Walidono 1?

C.  Tujuan
Untuk membantu menyelesaikan tugas kuliah yang diberikan oleh dosen seni rupa dan membantu siswa untuk memenfaatkan sampah lingkungan yang dapat di daur ulang sehingga menjadi sebuah karya yang bermanfaat.

D.  Manfaat
Observasi ini dapat bermanfaat bagi peneliti maupun lingkungan. Manfaat bagi peneliti adalah pengalaman belajar dan melatih rasa percaya diri untuk berbaur di lingkungan SD, sedangkan bagi lingkungan adalah mengurangi sampah yang ada di lingkungan sekolah dan menggali potensi siswa untuk berkreatif.

E.  Metode Penelitian
Metode yang digunakan adalah metode ekspresi. Metode ekspresi adalah dimana guru langsung mendemonstrasikan kepada siswanya.

F.   Waktu dan Tempat
Jumat, 14 Jui 2013 di SDN Walidono 1
BAB II
PEMBAHASAN
( Hasil Observasi )

1.    Dimana letak SDN Walidono 1?
SDN Walidono 1 terletak di Desa Walidono Bondowoso

2.    Mengapa memilih SDN Walidono 1?
Karena salah satu dari peneliti melaksanakan narakarya di SDN Walidono 1, sehingga untuk mendapatkan ijin kepala sekolah lebih mudah.

3.    Bagaimana kondisi SDN Walidono 1?
Kondisi sekolah dekat dengan sungai dan area persawahan. Oleh karena itu peneliti menemukan beberapa benda yang dapat dijadikan sebuah karya, diantaranya yaitu ranting, sampah kertas, gabus atau sterofom, sampah plastik, bambu, dll. Dari ranting dan gabuslah peneliti membuat sebuah karya yang diberi nama pohon salju.

4.    Siapa yang menjadi objek observasi?
Siswa kelas V yang menjadi objek peneliti, karena dilihat dari karya yang ada dikelasnya lebih banyak dibanding kelas lainnya.

5.    Kerajian apa yang ditemukan setelah meneliti profil sekolah secara detail?
Rumah- rumahan dari pelepah pisang, bunga dari gelas minuman bekas, dompet dari kain perca, Hiasan dinding dari bungkus rokok, hiasan buah dari manik, Menghias toples menggunakan kain fanel.Pohon salju, Kotak tisu dari Koran bekas.

6.    Kerajinan apa yang dilakukan di SDN Walidono 1?
Pohon salju dan kotak tisu dari bahan bekas (kardus dan Koran) atau daur ulang.

7.    Kapan melaksanakan observasi di SDN Walidono 1?
Hari jumat tanggal 14 Juni 2013, setelah selesai ujian BTA












BAB III
ALAT dan BAHAN
1. POHON SALJU
Alat :
ΓΌ  Cutter.
Bahan:
                              §            Ranting pohon.
                              §            Lem.
                              §            Sterofom.
                              §            Botol bekas.
                              §            Pewarna
2. KOTAK TISU
Alat :
                           *            Cutter.
                           *            Penggaris.
                           *            Bolpen.
Bahan:
~        Kardus bekas.
~        Lem.
~        Koran.














BAB IV
KESIMPULAN

Sampah merupakan limbah lingkungan, jika terjadi penumpukan sampah maka akan berdampak buruk terhadap lingkungan dan dapat menyebabkan sarang penyakit, pencemaran, banjir. Maka dari itu kami mendaur ulang sampah agar bisa dimanfaatkan lagi sehingga tidak menyebabkan pencemaran.
                Kami melakukan observasi SDN Walidono 1 terletak di Desa Walidono Bondowoso dan kami memilih sekolah ini karena salah satu dari peneliti melaksanakan narakarya di SDN Walidono 1, sehingga untuk mendapatkan ijin kepala sekolah lebih mudah. Dan kondisi sekolah disana dekat dengan sungai dan area persawahan. Oleh karena itu peneliti menemukan beberapa benda yang dapat dijadikan sebuah karya, diantaranya yaitu ranting, sampah kertas, gabus atau sterofom, sampah plastik, bambu, dll. Dari ranting dan gabuslah peneliti membuat sebuah karya yang diberi nama pohon salju. Siswa kelas V yang menjadi objek peneliti, karena dilihat dari karya yang ada dikelasnya lebih banyak dibanding kelas lainnya. Kerajinan yang dilakukan di SDN Walidono 1 Pohon salju dan kotak tisu dari bahan bekas atau daur ulang. Melakukan observasi pada Hari jumat tanggal 14 Juni 2013, setelah selesai ujian BTA.



















Dokumentasi Hasil Observasi

Kelas dan Halaman Sekolah
Hasil Observasi yang di dapat













Sampah yang di Daur Ulang
Keadaan Sekitar Sekolah









Hasil Observasi yang Dipraktekkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar