MAKALAH
Seni Rupa
Observasi di SDN Walidono 1
Dosen
Pembimbing :
Jefry Gunawan
oleh
:
Eka Faridatul Kiftya
Devi Lia Lismawati
Muallimatul Qodariyah
Mei Wahyuni
Hendri Widianto
Semester IV (D)
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UNIVERSITAS ABDURACHMAN SALEH
SITUBONDO
2013
KATA PENGANTAR
Puji syukur, Alhamdulillah, dengan memanjatkan puji
syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas segala limpahan rahmat dan
karunia-Nya kepada kelompok kami sehingga dapat menyelesaikan makalah ini yang
berjudul “ Observasi di SDN
Walidono 1”
Penulis menyadari bahwa didalam pembuatan makalah ini berkat
bantuan dan tuntunan Tuhan Yang Maha Esa dan tidak lepas dari bantuan berbagai
pihak, untuk itu dalam kesempatan ini penulis menghaturkan rasa hormat dan
terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang membantu dalam
pembuatan makalah ini. Sehingga dapat selesai dengan baik dan oleh karenanya,
tim penulis dengan rendah hati dan dengan tangan terbuka menerima masukan,saran
dan usul guna penyempurnaan makalah ini.
Situbondo, Juni 2013
DAFTAR ISI
Kata Pengantar.......................................................................................................................... i
Daftar isi...................................................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
............................................................................................
1.2
Rumusan Masalah
....................................................................................
1.3
Tujuan
........................................................................................................
1.4
Manfaat ......................................................................................................
1.5
Metode penelitian
......................................................................................
1.6
Waktu dan Tempat
....................................................................................
BAB II PEMBAHASAN
2.1
Hasil Observasi
...........................................................................................
BAB III ALAT DAN BAHAN
3.1
Alat dan Bahan
..........................................................................................
BAB IV PENUTUP
4.1
Kesimpulan
..............................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Pernahkah kita
menyadari kalau disekitar kita banyak sekali benda yang berkaitan dengan seni?
Banyak sekali contoh yang bisa kita lihat seperrti gambar – gambar pada
majalah, koran, ada pula seni yang berupa desain yang merupakan hasil gagasan
manusia yang dicipta dalam rangka memenuhi kebutuhannya. Seni yang pada
kegiatan penciptaannya memerlukan koordinasi antara mata, tangan dan pemikiran
ini disebut seni. Seni ada 2 macam yaitu, seni 2D dan 3D. 2 dimensi adalah
gambar atau tulisan, sedangkan 3 dimensi ( trimatra ) adalah wujud karyanya
memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi atau memiliki volume sehingga dapat
dinikmati dari berbagai sisi.
B. Rumusan
Masalah
Pada observasi
kali ini, peneliti menfokuskan pada kreatifitas siswa kelas V dalam
pembelajaran SBK di SDN Walidono 1 Kecamatan Prajekan Kabupaten Bondowoso.
1.
Dimana
letak SDN Walidono 1?
2.
Mengapa
memilih SDN Walidono 1?
3.
Bagaimana
kondisi SDN Walidono 1?
4.
Siapa
yang menjadi objek observasi?
5.
Kerajinan
apa yang dilakukan di SDN Walidono 1?
6.
Kapan
melaksanakan observasi di SDN Walidono 1?
C. Tujuan
Untuk membantu
menyelesaikan tugas kuliah yang diberikan oleh dosen seni rupa dan membantu
siswa untuk memenfaatkan sampah lingkungan yang dapat di daur ulang sehingga
menjadi sebuah karya yang bermanfaat.
D. Manfaat
Observasi ini
dapat bermanfaat bagi peneliti maupun lingkungan. Manfaat bagi peneliti adalah
pengalaman belajar dan melatih rasa percaya diri untuk berbaur di lingkungan
SD, sedangkan bagi lingkungan adalah mengurangi sampah yang ada di lingkungan
sekolah dan menggali potensi siswa untuk berkreatif.
E. Metode
Penelitian
Metode yang digunakan
adalah metode ekspresi. Metode ekspresi adalah dimana guru langsung
mendemonstrasikan kepada siswanya.
F. Waktu
dan Tempat
Jumat, 14 Jui 2013
di SDN Walidono 1
BAB II
PEMBAHASAN
( Hasil Observasi )
1.
Dimana
letak SDN Walidono 1?
SDN Walidono 1
terletak di Desa Walidono Bondowoso
2.
Mengapa
memilih SDN Walidono 1?
Karena salah satu
dari peneliti melaksanakan narakarya di SDN Walidono 1, sehingga untuk
mendapatkan ijin kepala sekolah lebih mudah.
3.
Bagaimana
kondisi SDN Walidono 1?
Kondisi sekolah
dekat dengan sungai dan area persawahan. Oleh karena itu peneliti menemukan
beberapa benda yang dapat dijadikan sebuah karya, diantaranya yaitu ranting,
sampah kertas, gabus atau sterofom, sampah plastik, bambu, dll. Dari ranting
dan gabuslah peneliti membuat sebuah karya yang diberi nama pohon salju.
4.
Siapa
yang menjadi objek observasi?
Siswa kelas V yang
menjadi objek peneliti, karena dilihat dari karya yang ada dikelasnya lebih
banyak dibanding kelas lainnya.
5. Kerajian
apa yang ditemukan setelah meneliti profil sekolah secara detail?
Rumah- rumahan dari pelepah pisang,
bunga dari gelas minuman bekas, dompet dari kain perca, Hiasan dinding dari
bungkus rokok, hiasan buah dari manik, Menghias toples menggunakan kain
fanel.Pohon salju, Kotak tisu dari Koran bekas.
6.
Kerajinan
apa yang dilakukan di SDN Walidono 1?
Pohon salju dan kotak
tisu dari bahan bekas
(kardus dan Koran) atau daur
ulang.
7.
Kapan
melaksanakan observasi di SDN Walidono 1?
Hari jumat tanggal
14 Juni 2013, setelah selesai ujian BTA
BAB III
ALAT dan BAHAN
1. POHON SALJU
Alat :
ΓΌ
Cutter.
Bahan:
§
Ranting
pohon.
§
Lem.
§
Sterofom.
§
Botol
bekas.
§
Pewarna
2. KOTAK TISU
Alat :
Cutter.
Penggaris.
Bolpen.
Bahan:
~
Kardus
bekas.
~
Lem.
~
Koran.
BAB IV
KESIMPULAN
Sampah merupakan limbah
lingkungan, jika terjadi penumpukan sampah maka akan berdampak buruk terhadap
lingkungan dan dapat menyebabkan sarang penyakit, pencemaran, banjir. Maka dari
itu kami mendaur ulang sampah agar bisa dimanfaatkan lagi sehingga tidak
menyebabkan pencemaran.
Kami
melakukan observasi SDN Walidono 1
terletak di Desa Walidono Bondowoso dan kami memilih
sekolah ini karena salah satu
dari peneliti melaksanakan narakarya di SDN Walidono 1, sehingga untuk
mendapatkan ijin kepala sekolah lebih mudah. Dan kondisi sekolah disana dekat dengan sungai dan area persawahan. Oleh karena itu
peneliti menemukan beberapa benda yang dapat dijadikan sebuah karya,
diantaranya yaitu ranting, sampah kertas, gabus atau sterofom, sampah plastik,
bambu, dll. Dari ranting dan gabuslah peneliti membuat sebuah karya yang diberi
nama pohon salju. Siswa kelas V yang menjadi objek peneliti, karena dilihat dari karya yang
ada dikelasnya lebih banyak dibanding kelas lainnya.
Kerajinan yang dilakukan di
SDN Walidono 1 Pohon salju dan kotak tisu dari bahan bekas atau daur ulang.
Melakukan observasi pada Hari
jumat tanggal 14 Juni 2013, setelah selesai ujian BTA.
Dokumentasi Hasil Observasi
Kelas dan Halaman Sekolah
Hasil Observasi yang di dapat
Sampah yang di Daur Ulang
Keadaan Sekitar Sekolah
Hasil Observasi yang Dipraktekkan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar